PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK SINTAKS 1






                                                           


TAHAP PENGENALAN MASALAH

Dalam sajian video conference, saya menyajikan pengalaman saya sebagai guru kimia dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Materi yang saya pilih adalah Larutan Asam basa dengan sub topik kekuatan asam basa. Kompetensi Dasar yang saya ambil yaitu 3.10. Menjelaskan konsep asam basa serta kekuatannya dan kesetimbangan pengionnya dalam larutan. Selanjutnya KD 4.10 yaitu menganalisis trayek perubahan pH beberapa indikator yang diekstrak dari bahan ala melalui percobaan.

Menurut Johnstone (1991), ilmu kimia menyangkut tiga dimensi reprentasi, yaitu tingkat representasi makroskopis, tingkat representsi submikroskopis, dan tingkat representasi simbolik. Representasi makroskopik pada materi larutan asam basa dapat ditunjukkan melalui perubahan warna pada kertas lakmus atau indikator asam basa lain jika direaksikan dengan larutan asam maupun larutan basa. Representasi submikroskopik dapat ditunjukkan melalui reaksi yang terjadi di dalam larutan tersebut sehingga terjadi perubahan warna. Representasi simbolik pada materi larutan asam basa dapat ditunjukkan melalui persamaan reaksi asam basa maupun persamaan matematis untuk menentukan pH suatu larutan. Selain itu kemampuan siswa perlu dibangun untuk dapat menyimpulkan pengaruh konsep pH dalam kehidupan sehari-hari dan juga siswa dapat membuktikan larutan yang bersifat asam atau basa dengan berbagai indikator.



     Dalam materi kekuatan asam basa ini saya sebagai guru menyelenggarakan model pembelajaran berbasis proyek dimulai dengan  tahapan sintaks pembelajaran kekuatan asam basa melalui model PjBL (Project Based Learning). Setelah saya melewati sesi apresepsi; tahap pertama dalam proses pembelajaran di kelas , 



saya melakukan Pengenalan Masalah dengan menyajikan video tentang “erupsi gunung gamalama“ di https://www.youtube.com/watch?v=NYL9cYP6Qto&t=7s

Comments

Popular Posts