PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK SINTAKS 1
TAHAP PENGENALAN MASALAH
Dalam sajian video conference, saya menyajikan
pengalaman saya sebagai guru kimia dengan menerapkan model pembelajaran
berbasis proyek. Materi yang saya pilih adalah Larutan Asam basa dengan sub
topik kekuatan asam basa. Kompetensi Dasar yang saya ambil yaitu 3.10.
Menjelaskan konsep asam basa serta kekuatannya dan kesetimbangan pengionnya
dalam larutan. Selanjutnya KD 4.10 yaitu menganalisis trayek perubahan pH
beberapa indikator yang diekstrak dari bahan ala melalui percobaan.
Menurut Johnstone (1991), ilmu kimia menyangkut
tiga dimensi reprentasi, yaitu tingkat representasi makroskopis, tingkat
representsi submikroskopis, dan tingkat representasi simbolik. Representasi
makroskopik pada materi larutan asam basa dapat ditunjukkan melalui perubahan
warna pada kertas lakmus atau indikator asam basa lain jika direaksikan dengan
larutan asam maupun larutan basa. Representasi submikroskopik dapat ditunjukkan
melalui reaksi yang terjadi di dalam larutan tersebut sehingga terjadi
perubahan warna. Representasi simbolik pada materi larutan asam basa dapat
ditunjukkan melalui persamaan reaksi asam basa maupun persamaan matematis untuk menentukan pH suatu larutan. Selain itu kemampuan siswa perlu dibangun untuk dapat menyimpulkan pengaruh konsep pH dalam kehidupan sehari-hari dan juga siswa dapat membuktikan larutan yang bersifat asam atau basa dengan berbagai indikator.
Dalam
materi kekuatan asam basa ini saya sebagai guru menyelenggarakan model
pembelajaran berbasis proyek dimulai dengan tahapan sintaks pembelajaran
kekuatan asam basa melalui model PjBL (Project
Based Learning). Setelah saya melewati sesi apresepsi; tahap pertama dalam
proses pembelajaran di kelas ,
saya melakukan Pengenalan Masalah dengan menyajikan video tentang “erupsi gunung gamalama“ di https://www.youtube.com/watch?v=NYL9cYP6Qto&t=7s
Comments
Post a Comment