MODEL PROJECT BASED LEARNING SINTAKS 3-4


                                       



                  TAHAP  PELAKSANAAN DAN MONITORING PROYEK
       
Indikator asam basa dari berbagai macam bunga
Dalam kegiatan  tahap model pembelajatan tahap ketiga ini saya juga menyediakan buku konsultasi proyek dan blog bagi siswa yang akan berkonsultasi tentang proyek mereka . Jadi semua siswa berkesempatan menulis di blog kelas tentang aktivitas mereka belajar kimia maupun bagaimana mereka membangun pengalaman belajar dari proyek yang dibuat mereka tersebut secara rinci. Kemudian untuk Sintaks pembelajaran tahap keempat yakni Pelaksanaan dan Monitoring proyek. Siswa pada sesi ini akan membuat prototipe produk yang mereka kerjakan dan dikontrol oleh guru.          Pada sesi ini siswa melaksanakan riset tentang berbagai macam bunga. Bunga yang diambil adalah bunga di sekitar rumah misalnya bunga biru, bunga bougenvil,bunga kembang sepatu, bunga mawar dan  bunga belimbing wuluh. Mereka menyiapkan alat dan bahan menyiapkan alat dan bahan proyek dan dibawa ke kelas saat pembuatan indikator asam basa ini. Para peserta didik membuat dokumentasi kegiatan dalam bentuk video dan laporan presentasi. 
siswa melakukan presentasi dalam tahap Model PbJl
Sintaks ke lima pada model pembelajaran berbasis proyek, siswa akan melakukan presentasi di kelas dan mengumpulkan video sebagai salah satu karya portofolio mereka. Kesulitan pelaksanan pembelajaran proyek ini karena pembelajaran sebagian besar dilakukan di luar kelas sehingga waktu nya menjadi panjang / lama sehingga kontrol guru sangat penting agar proyek yang dikerjakan siswa menjadi berhasil.
siswa mempresentasikan tulisan artikelnya
Nah pada  sintaks yang terakhir yakni , Evaluasi dan Refleksi siswa melakukan uji coba yang kedua kali bersama guru berdasarkan hasil masukkan dari tahap belajar sebelumnya.Pada sesi ini mereka sudah memperbaiki kualitas produk (Kertas Lakmus Bunga Belimbing) dengan tampilan dan hasil yang lebih baik
siswa mempresentasikan  produk akhir setelah refleksi dan evaluasi
    
Pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan ketarmpian anak dalam berpikir melalui karya atau produk  dan permasalahan nyata. hal ini akan mendorong pembelajaran yang saling memberdayakan antar siswa dan antar guru dan siswa. Saya juga sempat menjelaskan kepada salah seorang peserta yang bertanya tentang apakah bisa kita hanya melaksanakan satu proyek untuk satu materi yang kita belajarkan kepada siswa? Dalam sesi tanya jawab ini saya menjelaskan bahwa pemilihan model proyek untuk pembelajaran adalah bergantung kepada seluas apa materi yang akan kita sampaikan kepada siswa serta kompetensi /skill apa yang akan kita latihkan kepada siswa menurut KD pada silabus . Saya memberikan contoh tentang tema Menjaga Air Bumi. Beliau akan membuat proyek Alat penjernih air . Saya menjelaskan lebih lanjut bahwa jika sasaran kita adalah siswa SD di kelas rendah maka bisa juga kita meminta mereka membuat tulisan tentang pengalaman mereka di rumah memakai air untuk keluarga dan dirinya; atau siswa diajak membuat gambar tentang “jangan buang sampah plastik" dan "Mari alindungi Air tanah Kita". 

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek akan mampu menghubungkan antara pembelajaran konten dan konteks serta mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan berkolaborasi serta literasi . Hal ini dapat terjadi karena keutamaan daripada model pembelajaran berbasis proyek mengutamakan kompetensi siswa dan melatih mereka untuk belajar secara mandiri dan belajar bertanggungjawab terhadap apa yang mereka lakukan. Hal ini relevan dengan konsep hakikat merdeka belajar. Hakekat merdeka belajar adalah siswa diberi peluang belajar secara mandiri dan mampu membantu dirinya sendiri dan kemudian dapat memberdayakan orang lain. Pembelajaran menjadi berpusat kepada siswa dan berbasis luas.

Bimtek ini adalah pengalaman yang luar biasa bagi saya dan semoga saya masih diberi kesempatan untuk berbagi bersama para guru Indonesia pada lain waktu dan lain kesempatan. Terima kasih Pusdatin dan semua sahabat Rumah Belajar Indonesia.

Comments

Popular Posts