STEM DAN MERDEKA BELAJAR


 METODE STEM SEBAGAI JAWABAN TERHADAP MERDEKA BELAJAR

     Prinsip dasar pendidikan adalah untuk membantu siswa agar  menjadi pribadi yang unggul, mandiri, merdeka belajarnya dan tidak bergantung kepada  orang lain. Merdeka belajar merupakan ragam cara guru untuk mencapai tujuan belajar. Untuk mengukur tercapainya tujuan belajar maka kita membutuhkan proses pembelajaran bermakna . Guru harus  mampu menggali potensi peserta didik, membangun skill abad 21 yang dibutuhkan dalam kehidupan peserta didik yang meliputi kreatif dan inovasi, berpikir kritis dan pemecahan masalah, mampu berkomunikasi dan berkolaborasi serta mampu menggunakan dan memanfaatkan teknologi. Siswa dapat merdeka belajar jika mereka memahami tujuan belajar. Selain itu pembelajaran harus berpusat kepada siswa, relevan dengan kebutuhan siswa, dan dapat mengukur berbagai aspek dalam proses pembelajaran.Akhirnya hasil penilaian tersebut dapat memberikan informasi bagi guru dan siswa melalui refleksi belajar dengan berbagai strategi.
   Salah satu  strategi pelayanan dasar untuk pemerataan pendidikan yang bekualitas beberapa program pemerintah RI yang menjadi rencana prioritas kerja pemerintah salah satunya adalah pembelajaran keterampilan abad 21 (Higher Order Thinking Skill) melalui pendidikan STEM (Sains ,Teknologi, Enjinering dan Matematika),  life skill serta literasi.Sehubungan dengan itu sesuai surat edaran nomor 1 tahun 2019 juga  Peraturan Mendikbud nomor 43  tahun 2019 tentang kebijakan "Merdeka Belajar" dan penyelenggaraan Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional (Berita Negara RI tahun 2019 nomor 1590) ada lima point penting diantaranya bahwa bahan ujian sekolah untuk kelulusan peserta didik seperti tes tertulis, portofolio, penugasan, dan atau bentuk lain di buat oleh guru pada masing-masing satuan pendidikan. Pembelajaran di kelas tidak boleh berhenti pada apa yang diberi atau dilakukan  guru di depan kelas melainkan harus sampai pada apa yang bisa dilakukan siswa dalam bentuk karya atau hasil.
 
Gb. Gitar untuk belajar STEM
Melalui pendidikan STEM, kita akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami fenomena alam daripada hanya sekedar mempelajari dari subyek secara terpisah-pisah; STEM berusaha  menciptakan peluang bagi kemandirian dan cara berpikir siswa agar kritis dan kreatif. STEM sangat penting bagi pembelajaran abad 21 karena menurut Watt et.All, (2007) STEM merupakan kunci dalam kemajuan dan inovasi. Pendekatan STEM ini dapat meningkatkan peningkatan kemahiran pemahaman saintifik (Bao et.All,2009); juga STEM penting untuk peningkatan kesejahteraan manusia (Sanders,2009).
Pendidikan STEM memberi peluang kepada  peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar yang dikoneksikan dari sekolah, dunia kerja, dan dunia global guna mengembangkan literasi STEM yang memungkinkan peserta didik mampu bersaing dalam  era ekonomi baru yang berbasis pengetahuan.
         
         
      

Comments

  1. Yah betul deng metode stem memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami fenomena alam dari pada hanya sekedar mempelajari dari subyek secara terpisah-pisah, terbaik artikelnya bu

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts